Tuesday, April 25, 2017

CentOS 7 Installation

Pendahuluan

CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah proyek komunitas yang diawali menjelang akhir tahun 2003 dengan tujuan untuk menyediakan sistem operasi skala perusahan. Untuk itu, CentOS membangun ulang dengan memanfaatkan kode sumber yang wijib dibebaskan dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) menjadi sebuah distribusi Linux dengan kualitas dan kompatibilitas yang nyaris sama, disamping menyediakan perbaikan sekuriti secara berkala untuk semua paket software yang terkait. CentOS merupakan distribusi Linux yang terbanyak digunakan untuk server disamping Debian GNU/Linux (disalib sejak 2012). CentOS aktif dikembangkan oleh sekelompok tim inti dan didukung oleh komunitas pengguna skala perusahan, administrator jaringan, administrator sistem dan para pengembira Linux lainnya.

Latar Belakang

Seperti halnya debian, centos juga merupakan sebuah sistem operasi server, jadi kenapa kita tidak mencoba menggunakan centos, tetapi dengan syarat kita sudah bisa debian terlebih dahulu.

Maksud dan Tujuan

Melakukan Installasi CentOS sekaligus belajar konfigurasi CentOS Server. 

Alat dan Bahan

[+] Bootable CentOS 7
[+] PC Server

Jangka Waktu Pelaksanaan

20 - 30 menit

Tahap Pelaksanaan

Masukkan bootable centos ke pc server yang ingin diinstall centos, lalu akan muncul tampilan install, pilih "Install CentOS 7"
lalu akan muncul CentOS "Installation Summary", kita setting satu persatu,
pertama kita setting "DATE & TIME", pilih sesuai tanggal dan waktu, serta lokasi,
kedua kita setting "LANGUAGE SUPPORT", pilih sesuai dengan bahasa yang mudah kita pahami,
selanjutnya kita setting "INSTALLATION SOURCE", kita biarkan default
lalu kita setting "SOFTWARE SELECTION", disini banyak terdapat banyak pilihan, terserah mau memilih yang mana, tetapi harus tahu fungsinya buat apa, disini saya memilih Install Minimal, biar nantinya berbasis CLI dan ringan untuk dijalankan,
lalu lanjut ke setting "INSTALLATION DESTINATION", yaitu pemartisian,


selanjutnya kita setting juga "NETWORK & HOSTNAME"
lalu atur juga "SECURITY POLICY",
jika semua sudah kita setting, langsung saja, "Begin Installation",
Lalu tunggu prosesnya, jangan lupa untuk menyetting "ROOT PASSWORD" dan "USER CREATION", disini tidak saya tampilkan karena ini adalah sesuatu yang bersifat privasi,ckckck

dan inilah tampilan pertama kali login CentOS,

Kesimpulan

Di CentOS kita bisa mengoprek - oprek seperti halnya didebian, tetapi untuk perintah install dan konfigurasi di CentOS dan Debian, benar - benar berbeda.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/CentOS
Load disqus comments

0 komentar