Wednesday, April 12, 2017

Fix Proxmox Cluster Not Ready - No Quorum (500)

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo teman - teman, kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman sekaligus membagikan tutorial, gimana sih, mengatasi Error Task: Cluster Not Ready - No Quorum ? (500)

Pendahuluan

Munculnya TASK ERROR: Cluster not ready - no quorum ?, dengan error code 500, yang menurut saya merupakan salah satu error dari Proxmox, yaitu saat kita mencoba untuk melakukan cluster, tapi cluster yanng kita lakukan error, sehingga berakibat, semua virtual machine kita tidak bisa dijalankan dan muncul error cluster not ready - no quorum ?(500).

Latar Belakang

Bermula dari pengalaman saya ketika ingin mencoba untuk cluster, Server Proxmox saya dan teman saya, namun cluster tersebut gagal saya lakukan dan berakibat, semua Virtual Machine saya tidak bisa dijalankan sama sekali.

Maksud dan Tujuan

Untuk mengatasi Error Task: Cluster Not Ready - No Quorum ? (500)

Alat dan Bahan

[+] Server Proxmox yang memiliki error tersebut
[+] Laptop untuk meremote server proxmox
[+] Doa dan keyakinan agar semua usaha yang kita lakukan bisa berhasil

Jangka Waktu Pelaksanaan

Kurang dari 5 menit

Tahap Pelaksanaan

Remote terlebih dahulu server proxmox kita dengan menggunakan perintah:
# ssh username@IPServer
misalnya
# ssh root@192.168.13.4

Masukkan Password, lalu tekan enter
Pertama yang harus kita lakukan adalah Stop corosync dan pve-cluster services di server proxmox kita dengan menggunakan perintah:
# systemctl stop pve-cluster

# systemctl stop corosync

Lalu start lagi cluster file system dalam local mode dengan menggunakan perintah:
# pmxcfs -l

Dan Terakhir hapus sisa file konfigurasi corosync, dengan menggunakan perintah:
# rm /etc/pve/corosync.conf

# rm /etc/corosync/*

Lalu coba jalankan lagi virtual machine pada proxmoxnya, apakah sudah berhasil atau belum. Pengalaman saya, cara ini berhasil.

Kesimpulan

Kegagalan pada pembuatan cluster bisa diakibatkan karena, kita kurang teliti dalam melakukan konfigurasi - konfigurasi pada saat  melakukan cluster, oleh karena itu baca terlebih dahulu referensi - referensi Proxmox pembuatan cluster, pahami konsep sebelum ke teknis, setelah kita sudah mempersiapkannya dengan matang dan sudah mempunyai target kedepannya, maka kita bisa memperhitungkan hasilnya.

Referensi

https://nasyril.wordpress.com/2016/12/07/mengatasi-cluster-not-ready-no-quorum-500/

Itulah sedikit pengalaman dan tutorial yang saya sampaikan kali ini, mudah - mudahan bermanfaat bagi teman - teman,
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Load disqus comments

0 komentar