Saturday, April 22, 2017

Change Directory Root Apache2 on Debian 8

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo teman - teman, kali ini saya akan membarikan sebuah tutorial tentang mengganti direktori root apache2 di Debian 8,

Pendahuluan

Apache2 adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.

Latar Belakang

Folder root default apache2 ada di /var/www/html dan pastinya sudah banyak orang yang sudah mengetahui hal tersebut, oleh karena itu kita harus mengganti folder root apache2, agar resiko pencurian data dapat dikurangi.

Maksud dan Tujuan

Mengganti folder root dari apache2 agar data - data dari sebuah website yang kita buat di folder root apache2, aman dari retasan orang yang tidak bertanggung jawab.

Alat dan Bahan

[+] PC Server Debian 8 yang sudah terinstall webserver apache2
[+] Client Linuxmint

Jangka Waktu Pelaksanaan

5 - 10 menit

Tahap Pelaksanaan

Pertama masuk ke pc server dan pastikan webserver apache2 sudah terinstall diserver, untuk mengubah folder root apache2, kita edit file "000-default.conf" dengan mengetikkan perintah:
# nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf

lalu cari tulisan "DocumentRoot /var/www/html/"
lalu ganti tulisan "/var/www/html" dengan path direktori baru yang ingin digunakan sebagai direktori root apache2 yang baru, sebelumnya saya sudah membuat sebuah direktori dengan nama "www" didalam folder "/usr", dan membuat direktori lagi didalam direktori "www" dengan nama "html", jadi saya mengganti tulisan tersebut dengan "/usr/www/html", lalu simpan dengan menggunakan tombol ctrl + x, pilih Y lalu enter,
lalu edit lagi file "apache2.conf" dengan menggunakan perintah:
# nano /etc/apache2/apache2.conf
cari tulisan "<Directory /var/www/>",
lalu rubah tulisan /var/www menjadi "/usr/www" (www adalah direktori yang saya buat di dalam folder /usr), lalu simpan dengan menggunakan ctrl + x, pilih Y lalu enter,
setelah itu restart service apache2 dengan menggunakan perintah:
# /etc/init.d/apache2 restart
bila sudah, buatlah sebuah file index.html didalam direktori root apache2 yang baru, lalu buka diclient dengan mengetikkan "ipserver/index.html",
bila sudah bisa terbuka dibrowser client, berarti kita berhasil mengganti direktori root apache2.

Kesimpulan

Bila kita sudah berhasil mengganti direktori root apache2, kita tidak usah terlelu khawatir dengan data - data seperti portal, web sekolah, dan website lainnya yang kita tambahkan ke direktori root apache2.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server
http://www.tecmint.com/change-root-directory-of-apache-web-server/


Dari saya cukup sekian, kurangnya mohon maaf,
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Load disqus comments

0 komentar