Wednesday, April 26, 2017

Mengenal Docker

Latar Belakang

Berawal dari rasa keingintahuan yang tinggi sejak pertama kali mendengar kata docker, saya ingin mengetahui definisi serta fungsi dari aplikasi docker ini.

Maksud dan Tujuan

Mengenal dan memahami docker

Pengenalan Docker

Docker adalah sebuah aplikasi yang bersifat open source yang berfungsi sebagai wadah/container untuk mengepak/memasukkan sebuah software secara lengkap beserta semua hal lainnya yang dibutuhkan oleh software tersebut dapat berfungsi.
Docker pada awal didirikannya pada tahun 2009 menggunakan nama dotCloud Inc. Namun, pada tahun 2013 dotCloud diubah menggunakan nama Docker hingga tulisan ini dibuat.
Docker adalah sebuah aplikasi yang bersifat open source yang berfungsi sebagai wadah/container untuk mengepak/memasukkan sebuah software secara lengkap beserta semua hal lainnya yang dibutuhkan oleh software tersebut dapat berfungsi. Pengaturan software beserta file/hal pendukung lainnya akan menjadi sebuah Image (istilah yang diberikan oleh docker). Kemudian sebuah instan dari Image tersebut kemudian disebut Container.
Jika kita pernah belajar tentang OOP/Java – maka analogi hubungan Container dengan Image adalah seperti Object dengan Class-nya. Sehingga jika object adalah instance-of class maka container adalah instance-of image.
Dengan kata lain tujuan docker adalah supaya aplikasi yang kita buat akan menjadi portable dalam keadaan utuh.
Docker OverFlow
Dalam praktek dasarnya ada beberapa perintah Docker yang sering digunakan yaitu build, push, pull, run, commit.

Kesimpulan

Fungsi dari docker ini sebenarnya lebih mendekat ke sebuah virtualisasi atau wadah sebuah sistem operasi yang akan diinstall di dalam sistem operasi misalnya CentOS

Referensi

https://www.dewaweb.com/tutorial-docker-dalam-bahasa-indonesia/
Load disqus comments

0 komentar